Perkembangan Bisnis Digital di Indonesia

 



Mobilitas manusia yang besar menuntut dunia perdagangan sanggup sediakan layanan jasa serta benda dengan praktis cocok dengan permintaan konsumen. Buat menanggulangi permasalahan tersebut hingga saat ini timbul transaksi yang memakai media Internet buat menghubungkan antara produsen serta konsumen. Transaksi lewat Internet ini lebih diketahui dengan nama e- commerce serta e- business. Untuk meningkatkan penjualan dan transaksi melalui internet pengusaha memerlukan jasa social media marketing untuk memasarkan produk mereka.


Bagi Diana , ciri utama bisnis global dikala ini merupakan e- business( electronic business).  Model bisnis ini menekankan pertukaran data serta transaksi bisnis yang bertabiat paperless, lewat Electronic Informasi Interchange( EDI), e- mail, electronic bulletin boards, electronic fund transfer, serta teknologi lain yang berbasis jaringan. 



Menurut para ahli popularitas e-business ditunjang oleh tiga faktor utama yaitu: kompetisi yang semakin intensif, perekonomian global, kesepatakan dagang regional, dan kekuasaan konsumen yang semakin bertambah besar;  faktor sosial dan lingkungan seperti perubahan karakteristik angkatan kerja, deregulasi pemerintah, kesadaran dan tuntutan akan praktik etis, kesadaran akan tanggung jawab sosial perusahaan, dan perubahan politik;  dan  faktor teknologi, meliputi singkatnya usia siklus hidup produk dan teknologi, inovasi yang muncul hampir setiap waktu, information overloaded, dan berkurangnya resiko biaya teknologi terhadap kinerja.


Pelaku jasa social media marketing menjelaskan bahwa e-business merupakan sistem bisnis berbasis media elektronik seperti radio dan televisi. Berhubung sistem e-business lebih dikenal oleh masyarakat luas ketika internet digunakan sebagai media elektronik, maka masyarakat luas banyak beranggapan bahwa e-business adalah business berbasis internet sebagai medianya. Perkembangan e-business terus berubah dengan adanya perangkat-perangkat mobile, seperti ponsel dan tablet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Company Profile yang Memaparkan Rencana Pengembangan Manajemen Risiko

Membuat Company Profile yang Menggambarkan Perjalanan Bisnis Anda